Filariasis

Pertama-tama apakah kalian sudah mengetahui apakah filariasis itu? Filariasis adalah penyakit zoonosis menular yang banyak ditemukan di wilayah tropika seluruh dunia, atau kita lebih sering mendengar penyakit ini dengan nama “Kaki Gajah”. Ya Filariasis atau lebih dikenal dengan Kaki Gajah merupakan penyakit menahun yang dapat menyerang pada semua umur baik pria maupun wanita, strata dan tingkatan sosial.
Semua penyakit tentu saja ada sebabnya, karena ada sebab ada akibat juga haha. Yap, penyebabnya adalah edema, infeksi oleh sekelompok cacing nematoda parasit yang tergabung dalam superfamilia Filarioidea. Bisa saja nih, pada waktu malam hari larva (mikrofilaria) tersebut masuk ke dalam pembuluh darah. Cacing-cacing penyebab filariasis antara lain: Wucheria bancrofty, Brugia malayi, Brugia timori (penyebab filariasis limfatik). Cacing ini menyerupai benang yang hidup dalam tubuh manusia. Cacing ini dapat bertahan hidup selama 4-6 tahun dalam KGB (bagian tubuh yang melindungi kita dari penyakit).
Sekarang, bagaimana cara penularan Filaria? Filaria biasa ditularkan oleh nyamuk atau lalat penghisap darah. Cacing filaria kecil yang dihasilkan cacing dewasa dalam tubuh manusia masuk dalam tubuh nyamuk melalui gigitanya pada malam hari. Setelah beberapa waktu (7 sampai 21 hari) nyamuk ini memasukan cacing kecil ini ke dalam darah orang lain sewaktu menggigit orang tersebut.
Penyakit filaria tidak menular melalui lumpur; kutukan (1 bulan deui 2012 yeuh percaya keneh ka kutukan nu teu puguh? Mun kutukan org tua itu baru asli haha); atau kontak fisik dengan orang yang tertular filaria. Masa inkubasinya 3-6 bulan untuk B.malayi, dan 6-12 untuk W.bancrofty. Ingat ya hanya nyamuk saja yang bisa menularkan penyakit tersebut. Banyak sekali nyamuk yang bisa menularkan Filariasis seperti Culex, Mansonia, Anopheles, Aedes Aegyipte.
Untuk pencegahan sayaberi tau yang inti-intinya saja ya, MEMBERSIHKAN PARIT/GOT, JANGAN ADA GENANGAN AIR, DAN BUANGLAH SAMPAH PADA TEMPATNYA!
Oleh: Mohammad Faiz Haekal